Menjadwal Perawatan PC

Atur waktu pengaktifan program perawatan PC, dan biarkan bekerja sesuai jadwal.

Beberapa rutin Anda men-defrag hard disk atau membersihkannya dari files tak terpakai? Dua hal itu cukup menolong agar komputer tak gampang ngambek. Rutinlah menjalankan utility perawatan PC yang sudah terpasang dalam Windows secara terjadwal. Gunakan saja fasilitas Scheduled Tasks.

LANGKAH 1
Pada taskbar, klik menu [Start] [Programs] dan pilih [Accessories] [System Tools]. Dari menu yang muncul, klik [Scheduled Tasks].

LANGKAH 2
Jendela Scheduled Tasks tampil kemudian. Bila belum pernah ada jadwal kerja di situ, klik-dobel [Add Scheduled Task] untuk menambah rencana kerja PC. Klik [Next >] pada boks dialog Scheduled Task Wizard yang tampil setelahnya.

LANGKAH 3
Muncul daftar program yang terinstal pada PC. Silakan klik salah satunya untuk dijalankan secara rutin oleh Scheduled Task. Aplikasi yang kami pakai: Disk Celanup. Jika tak ada di daftar, klik [Browse] dan cari program yang dimaksud. Lanjutkan dengan [Next >].

LANGKAH 4
Tentukan seberapa sering Anda bakal mengaktifkan program tersebut. Misalnya, pilih [Weekly] untuk operasi rutin setiap pekan. Klik [Next >] lagi.

LANGKAH 5
Sekarang, tentukan jam dan hari pengoperasiannya. Bila ingin menjalankan program antivirus atau disk cleanup seperti contoh, setel di awal hari kerja Anda. Lanjutkan dengan [Next >].

LANGKAH 6
Pengaktifan jadwal kerja bisa diproteksi dengan password. Silakan ketik kata sandi yang diinginkan agar orang lain tak bisa menjalankannya dengan sembarangan. Kata kunci ini sama dengan kode akses login PC ya. Lalui dengan [Next >].

LANGKAH 7
Sebelum mengeklik [Finish], centangi dulu opsi [Open advanced properties for this task when I click Finish]. Tunggu hingga boks setelan berikutnya muncul.

LANGKAH 8
Pada boks dialog tersebut, cek lokasi program dengan mengeklik [Browse…]. Pastikan program yang dimaksud ada di folder yang benar.

LANGKAH 9
Kembali ke jendela utama, klik tab [Scheduled]. Klik [Advanced…] untuk menyetel jadwal operasional secara detil.

LANGKAH 10
Sekarang, masuk ke bagian [Settings]. Setel pengaturan di situ sesuai kebutuhan. Bagian "Power Management" sangat penting untuk diatur, terutama saat Anda bekerja dengan laptop. Klik [OK] jika sudah.

LANGKAH 11
Kembali ke jendela Scheduled Task, jadwal perawatan PC sudah terpampang di situ. Jika ingin menambah operasi rutin lainnya, silakan tambah seperti langkah-langkah di atas. Komputer akan menjalankan operasi tersebut sesuai jadwal. Sebisa mungkin jadwal pengaktifannya itu tidak berbarengan supaya PC tak lambat beroperasi. Jika ingin menjalankannya secara manual, klik-kanan salah satu jadwal, pilih [Run].


0 comments:

Untuk memasang emoticon di bawah ini ke dalam Kotak Komentar, kamu cukup menuliskan kodenya saja.

:)] :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Related Posting :