Laptop Hilang, Nich Solusinya !

Kehilangan laptop mungkin menjadi masalah terbesar dalam hidup Anda, dan Anda harus mengucapkan selamat tinggal untuk dokumen, foto, musik, yang mungkin tidak bisa tergantikan. Namun sekarang telah hadir Adeona. Adeona merupakan system open source hasil penelitian dari University of Washington dan University of California, San Diego, merupakan layanan pelacakan laptop secara gratis dan private. Software Adeona diambil dari nama seseorang dari Roman yang ditugaskan untuk menemukan kembali anak-anak yang hilang kepada orang tuanya, pada ratusan tahun silam.

Cara kerja Adeona sebagai berikut :

User mendownload software gratis Adeona dari laptop. Software tersebut kemudian akan mulai mengirimkan catatan yang terenkripsi yang berisi posisi laptop untuk disimpan di server Internet menggunakan layanan open source penyimpanan data, OpenDHT. Jika laptop tiba-tiba hilang atau dicuri, user dapat mendownload program Adeona, memasukkan username dan password, kemudian membuka informasi yang telah terenkripsi dari server tersebut, dengan menggunakan OpenDHT. Sedangkan Adeona, tidak bekerja untuk memberi tahu alamat, dan nomor telepon yang mencuri laptop Anda, namun Adeona akan memberikan alamat IP yang terakhir digunakan dengan melihat router terdekat, yang telah terkoneksi dengan Internet. Dengan adanya informasi dari server, user dapat melapor ke polisi.

Tadayoshi Kohno, seorang assistant professor di University of Washington, mengungkapkan, informasi dari Adeona tersebut hanya dapat dilihat oleh si pemilik laptop, karena hal ini merupakan privasi setiap orang. Thomas Ristenpart, seorang lulusan University of California dari Department of Computer Science, yang ikut mengerjakan project ini, bermaksud untuk membuka source code dari Adeona dan mengkomersialkanya. Menurut rencana, Adeona akan menjadi sebuah lisensi open source, di mana setiap orang dapat mengambil kode dan melakukan improvisasi atau menjualnya. Para peneliti mengharapkan pengembang software akan menambah fitur Adeona seperti GPS (Global Positioning System) yang digunakan di iPhone. Dalam situs resminya dikatakan akhir bulan ini, tim pembuat Adeona akan melakukan promosi dalam Usenix Security Symposium di San Jose, California. Oleh karena itu, Kohno berharap, para pemiliki vendor IT nantinya mau menggunakan source code Adeona. Untuk user yang ingin menggunakan Adeona, dapat mendownload di situs Adeona


3 comments:

Irfan said...

@Just For Music : :-t Disini yg ada cuma mas koq, makasih atas infonya, jgn bikin spam ya, ni kan bukan postingan yg mengarah kesana, ok ;)

Anonymous said...

mohon informasi mengenai cara penggunaan software adeona ini!!! bagaimana jika laptop yang dicari tidak memiliki password, tapi hanya user name saja???? apa pencarian bisa dilakukan meski tanpa password////

Untuk memasang emoticon di bawah ini ke dalam Kotak Komentar, kamu cukup menuliskan kodenya saja.

:)] :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Related Posting :