Ada Apa Dengan Ms. Office Excel 2007 ?

Hari ini, hari paling yang buat aku frustasi berat karena di marahin yang namanya Bozz di kantor akibat salah hitung duit di Ms. Office Excel 2007, Aku juga bingung kenapa sampai begitu jadinya, berikut aku kasih hitung - hitungannya :

- Pada Ms. Office Excel 2007 :
  • Pada kolom A baris 1 aku isikan 154.2
  • Pada kolom B baris 1 aku isikan 1700
  • Pada kolom C baris 1 aku isikan dengan rumus '=A1*B1' maka akan muncul hasilnya menjadi 262140
  • Nah sekarang pada baris 1 kolom D masukan rumus '=C1/4' Berapakah hasilnya? ternyata menurut perhitungan Excel 2007 nilai 262140 dibagi 4 adalah 100000.
- Nah disinilah awal dimana kesalahan itu terjadi saat di hitung kembali lewat Calculator :
  • Coba kalikan antara 154.2*1700=262140 (Masih Benerkan)
  • Trus bagi hasilnya dengan 4 maka akan menjadi 65535.
Ko' beda ? Nah itu dia yang jadi permasalahannya. Ternyata selama ini yang aku saking percayanya dengan Excel, malah membuat aku begini jadinya. Jadi sekarang aku ambil hikmahnya dan berkesimpulan bahwa jika terpaksa melakukan perhitungan keuangan dengan Excel, jangan langsung percaya hasilnya, cek ulang dengan tool yang lain, karena kita bisa rugi bahkan sampai merenggut nyawa kita (Wah, sadis banget nich).


8 comments:

Riri said...

bunda juga sering bgitu, jd kalo udah bikin Draft, bunda print, bunda itung ulag pake kalkulator...2 x kerja asal nggak dimarahin bosssss

Irfan said...

@Rierie : Cape sich Bund, tapi aman tentram gak dmarihin bozz, ya kan Bund :D

Anonymous said...

http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Excel#Excel_2007_display_error

Irfan said...

@anon : Site yg menarik yg mengarah pd errornya Excel 2007 ya ;)

Anonymous said...

saya penasaran, dan menghitung ulang di excel saya, gak ada masalah tuch ...
bisa dapat email nya file excel yang bermasalah itu? karena saya penasaran
email saya : info@guskun.com

Anonymous said...

hihi.. ketauan gak pernah di.update windows.nya, lu update dulu windows.nya brow.. pasti bener jawabnya. klo mo update via windows update, syaratnya windows kudu asli.. :)

Irfan said...

@agus kuncoro : Ok mas saya kirim nanti via email ;)

@Yoyo : :-o windowsnya asli & dah aq update :(

Anonymous said...

Ini penjelasan lengkap kenapa bisa salah hitung:
http://www.xl-mania.com/2008/11/bug-aneh-di-excel-2007-ituhhhh.html

Excel 2003 juga bisa salah hitung kok... :)
http://www.xl-mania.com/2008/11/excel-2003-juga-salah-hitung-kok.html

Untuk memasang emoticon di bawah ini ke dalam Kotak Komentar, kamu cukup menuliskan kodenya saja.

:)] :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Related Posting :