Unlock Modem Huawei E220 (TFlash)

Setelah browsing beberapa lama, akhirnya saya menemukan cara buat unlock modem Huawei E220 Telkomsel Flash saya supaya bisa dipakai di seluruh operator. Perlu diketahui proses unlock modem Huawei E220 merupakan proses flashing ulang firmware dari modem. Oleh karena itu, langkah - langkah berikut memiliki resiko yang tinggi untuk dilakukan. Saya tidak bertanggungjawab atas apa yang terjadi pada modem anda. Saya sendiri telah mencoba, dan berhasil 100%. Pastikan anda mengikuti setiap langkah yang dijelaskan berikut untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan.

Berikut langkah - langkahnya :
  1. Pastikan aliran listrik ke PC anda 100% aman dan stabil. Disarankan menggunakan laptop, karena ada baterai untuk power cadangan seandainya listrik down.
  2. Keluarkan SIM card dari modem.
  3. Pastikan koneksi USB dari PC ke modem stabil. perlu diketahui bahwa kabel data modem Huawei E220 sangat rentan rusak atau flicker koneksi.
  4. Download file upgrade firmwarenya di Sini, dan jalankan. Ikuti instruksi yang muncul di layar. Modem anda akan connect/disconnect dengan sendirinya. Ini wajar, karena dalam proses flashing ulang, akan terjadi beberapa kali restart modem.
  5. Download software upgradenya lagi di Sini, dan eksekusi juga. Ikuti juga instruksi yang akan muncul.
  6. Uninstall software modem yang sebelumnya di install.
  7. Setelah berhasil, disconnect, dan connect lagi modem anda.
  8. Install kembali software modem bawaan dari modem. Nama software yang baru adalah Mobile Partner, menggantikan Mobile Connect.
  9. That's it!! Anda tinggal mengkonfigurasikan koneksi APN sesuai dengan operator yang anda gunakan.
Semoga bermanfaat bagi kita semua !!!


83 comments:

Anonymous said...

sudah saya coba.. dan masih belum tentu bisa... :(

Ada cara lain ga ya? atau firmware-nya yang sudah di mod/hack gitu ???!?

Kalo ada yang dari Kulankendi.com (bayar) nawarin unlock dengan hasil mod/hack dari firmware-nya kali yah? jadi bisa jalan...

Irfan said...

Knapa gak bisa? saya dah coba & sampe skrg masih bisa gonta ganti sim card. Cara lainnya sampe skrg masih gak ada, tapi dr bbrpa teman sih bilang, modemnya bawa aj k4 flashing, tapi sih byar jg ya?

tokodonty said...

unlock modem wimode bs juga bos?

btw..
bole juga tuh diresume
setting APN tiap2 operator..

Anonymous said...

Ada tempat download yang lain ngak?
Soalnya saya ngak punya account rapid share.

Anonymous said...

Kang Irfan sebelumnya saya ucapkan terima kasih saya sudah sukses pake mobile partner tapi tetep pake kartu selain prodak telkomsel gak ke detek,gimana ya?

Anonymous said...

@Anonymous : Wah utk mslh Flash yg msh ke unlock kartu telkomsel, saya masih cari cara lagi, saya jg bingung knp punya temen² ttp gk bisa, tp qykn gak ad yg gk mungkin di dunia maya ini, tuk cari tutorialnya kan, Qt slng share informasi ya teman²?

Irfan said...

@Jauris : ~x( Wah ternyata byk yg gk bisa ya, tenang aj dulu, yg penting broadband nya naik jadi 7,2 Mbps kan ;)

Anonymous said...

gmana bos... karna yang buindling tflash yang lama bisa dinlock ....tapi yang baru baru sekarang tetep ke lock..

Anonymous said...

@Anonymous : Mungkin bener jg bro/sis tapi qykin caranya ngebuka lock nya pasti ada, jd ttp sering² ksni & tunggu aj kabar berikutnya ya ;)

Anonymous said...

boss.. yg untuk update firmware + software sih dah bhasil tpi emg sih ttp gak bisa make kartu lain..mgkin emg modemx bda version kali yak...trus yg ada skrg modem saya cmn xmpe di speed 3,6 mbps pdhal sblmx xmpe 7,2..but thanx anyway for d share..

REGARDS

Anonymous said...

@Anonymous : Jgn khawatir tntng speed yg 7,2 Mbps, ttp trus aja make nya coz sbntar lg kan telkomsel dah mau tahap 7,2 Mbps alias 3,5 G, bner gak :-/

m_nanank said...

iya mas sulit.parahan aku,modemku bermerk huawei e220 vodafone.malah gak ada kartu yg bisa connect.aku ksal bgt.udah beli mahal2,malah gk bisa dpakai.mas2 yg baek tlg bantu aku donk.msak impianku untuk ngenet drumah sampek skrang blm tercapai.plis.............:(

Irfan said...

@m_nanank : vodafone ya :-/ programnya udah di coba pake cara yg diatas, moga aja klo qt upgrade softwarenya bisa digunakn semua jenis kartu sim, jgn sedih, gk ad yg gk bisa dipelajari di dunia ini koq, ttp semangat ya ;)

Anonymous said...

Saya upgrade dashboard dari www.telkomsel.com sepertinya sekarang ke lock :(

Ada cara untuk balikin ke mobile connect mas Irfan?

Irfan said...

@Henry : Upgrade nya versi brp? trus modem yg di pake, modem huawei versi brp? klo mau balikin sich langsung bawa ke Graparinya aj, kan upgrade dari telkomsel sebelumnya? knp gak coba upgrade pake mobile partner aja, kan lbh bagus drpd mobile connect, huawei e169 (modem baru dari telkomsel) aja make mobile partner lo ;)

Anonymous said...

Saya bingung nih tapi cb diagnostic ternyata udah terupdate yg terbaru tuh versi 1.117
Akhirnya ketemu juga dashboard asli MOBILE CONNECT ambil dari www.huawei.com

Saya pake huawei e220 mas, btw thanks atas attention yang diberikan mas Irfan :)

Anonymous said...

boz, ane dah upgrade firmware & max speed jadi 7,2 Mbps. dashboard jg dah ganti pk mobile connect. smua donlot dari website huawei.
ini aslinya bundling indosat 3G. tetep aja skarang g bisa pake kartu selain indosat. dah coba pake kartu telkomsel g bisa. ada yg bilang ini hardware lock :-??

Irfan said...

@Anonymous : ~x( Mungkin bener jg bozz. soalnya aku make modem versi yg lama & softwarenya yg di lock. Untuk modem yg baru², ada kemungkinan hardwarenya yg di lock, gimana caranya ya buat unlocknya :-/

Unknown said...

Saya coba-coba iseng update software Modem Huawei E169, dengan harapan bisa ke unlock. Eh ternyata pas selesai di update tetap gak bisa di unlock. Trus dashboard nya berubah jadi Mobile Partner. Padahal saya suka pake dashboardnya telkomsel. Sebab bisa buat telp. Klo pake dashboard mobile partner gak bisa buat telp.
Ada yang tahu gak update software E169 yang menggunakan Dashboard nya telkomsel.

Atau klo ada yang punya software bawaan di dalam modemnya kirim ya via japri di aa_jacky@yahoo.com

Unknown said...

Saya coba-coba iseng update software Modem Huawei E169, dengan harapan bisa ke unlock. Eh ternyata pas selesai di update tetap gak bisa di unlock. Trus dashboard nya berubah jadi Mobile Partner. Padahal saya suka pake dashboardnya telkomsel. Sebab bisa buat telp. Klo pake dashboard mobile partner gak bisa buat telp.
Ada yang tahu gak update software E169 yang menggunakan Dashboard nya telkomsel.

Atau klo ada yang punya software bawaan di dalam modemnya kirim ya via japri di aa.jacky238@gmail.com

Anonymous said...

mas irfan tolong dong sofware buat flashing modem .punya saya di lock modem huawei seri: e169 ke email saya ke : one101_cresto@yahoo.co.id. dan satu lagi saya punya modem huawei vodafone ,waktu saya masukkan sim card hallo dan m3 nggak bisa .bagaimana sih setting APN,DNS soal nya tidak otomatis langsung detec.sekian dulu mas....Thanks .

Irfan said...

@Anonymous : Maaf sebelumnya, utk modem e169 saya masih cari caranya untuk di unlock. Untuk Setting APN di Sim Card Hallo, berikut caranya :

Username : Kosongkan
Password : Kosongkan
APN : Pilih static kemudian isikan "internet"

Unknown said...

Saya coba-coba rubah firmware Huawei E169 ke tingkat yang lebih rendah (dapet dari website nya vodafone K3520) kebetulan setara, dengan harapan bisa ke unlock. Eh ternyata tetep gak bisa. Trus ada yang punya info gak file firmware Huawei E169 yang terbaru sekalian Aplikasi Dashboard Telkomsel Flash nya?
Kira2 kalo minta ke Grapari di kasih gak ya...?
Btw, ada yang tahu cara gunain DC-Unlocker client gak? denger2 kita bisa lock modem cuma sekali aja?

Irfan said...

@Aa Jacky : Mungkin sekarang ini, pihak Telkomsel tdk lagi mengUnlock pada softwarenya, mereka kemungkinan telah mengUnlock pada hadrware modemnya. Klo minta di grapari boleh juga tuch ;) . Untuk DC-Unlocker, aku kemaren mencoba juga gak berhasil b-(

Unknown said...

Iya sama, aku udah download DC-UNLOCKER CLIENT, trus pas dijalanin modemnya gak bisa kedetek. Otomatis gak bisa unlock. Untung gak beli credit nya, coba klo udah beli jadi sayang khan.

Anonymous said...

masalahnya mank bener2 gak ada yang jauh beda..
tapi setelah menyimpulkan sana sini.. kayaknya yang bikin masalah itu adalah faktor keberuntungan aja...
mungkin mas irfan kebetulan dapet modem yang gak dilock ama telkomsel.. tapi bagi yang dapet dah dilock telkomsel, biar diapa2in tetep juga bakalan gak bisa ganti kartu...
sarannya seh, gunain aja jasa unlock... rata2 pake kulankendi tuh untuk unlock.. met mencoba aja..
tapi perasaan buat apa yah di unlock, sedangkan provider laen aja lom ada yang unlimited kayak punya telkomsel..
hehehe...

Anonymous said...

sesuai prediksi skarang ada lagi satu yang unlimited bosss si Indosat ...
ISP bangsa kita emang bullshit?

M.Nanang S.N said...

mas,tolongcariin solusi donk...........
sampek sekarang aku gak bisa pakai modem aku ~x(

Anonymous said...

help???? aku dah beberapa kali mengupdate firmwere modem telkomselflash bawaan supaya bisa ALL OPERATOR kok tetep nggak bisa ya gimana caranya ya nic dah terlanjur tak utak atik ,maunya sih bisa digunakan pula simcard indosat3g kok nggak ndetek simcard indosatnya klo telkomsel kok masih kedetek terus, tolong mas mas yang disini gimana caranya??

Anonymous said...

Coba unlocknya pake software dari sini http://www.kulankendi.com/index2.php tapi nanti harus beli user name passnya biar bisa unlock, biayanya 15 euro, udah ada yg berhasil kok unlock modem dari telkomxxl disini : http://lexistiff.blogspot.com/2008_02_01_archive.html

Anonymous said...

mo jual flash usb modem e220 neh, harga tiduran kalo mo japi aja ke dhesa_vu@yahoo.com.

Anonymous said...

Mas... apa bisa kasih info cara unlock modem Huawei E169?
Mohon infonya, japri juga boleh ke cubby_tri@yahoo.com

-tri-

Anonymous said...

terima unlock usb modem huawei e220 hanya rp. 100 rb termasuk ongkos kirim minat hubungi ke bobbyskj@yahoo.com

Sitokkar said...

Hai All,

Sorry, kek nya neh ngga bisa jalan Mas, cuma upgrade firmware doang nimpa firmware yg ada.

Yg pengen tutorial unlock neh:

http://xvrsfrnssks.blogspot.com/2008/09/unlocking-huawei-e220manually.html

Keren abes, gue aja newbies bisa

Sitokkar said...

Sebelumnya, ntar keburu lupa.

Update dolo firmware nya dgn E220Update_11.117.09.04.00.B268, neh bisa di cari di google. Update kamu ngga bakalan berhasil kl masih firmware yg versi bundle, cari yg dr situs resmi huawei.

Selamat mencoba 8-} :)]

Anonymous said...

OK! Sudah BERHASIL dengan menggunakan cara yang diberikan oleh Serasi Borneo

Merdeka!!!!

Anonymous said...

Mas Irfan, aq pake e220 juga mas, aq dah pake tu yg mas irfan sarankan, dah diupdate sesuai dgn urutannya, trus konfigurasi yg di Mobile Partner>Tool>Option>Provile Management gimana Mas? thanks before....

Irfan said...

@All : Saya sebelumnya minta maaf, mungkin postingan yang ini tidak lagi bisa di gunakan karena sekarang ternyata firmware nya dah di update trus oleh pihak ISP nya sehingga susah untuk di UnLock nya. Tapi komentar dari mas serasi borneo sangat membantu dan layak untuk di coba, terima kasih sebelumnya atas partisipasi teman - teman sekalian ya.

Anonymous said...

kalo ada yg bisa unlock modem sy, bayar jg gpp deh :)] hub. sy email zueh_nich@yahoo.com thanks b4

Anonymous said...

^^ mau unlock modem apa bro?? :-/
mungkin saya bisa bantu:)

TIL said...

Gw udah bisa unlock modem Huawei E220 pake cara yg lain (liat kode Hex).

Yg minat email aja di tilaksana@telkomsel.blackberry.com

Anonymous said...

tolong dong, saya punya modem huawei e220 unlock, dibeli baru, belum 3 bulan modem tsb bisa detect tapi tak bisa connect, saya bawa ke toko tempat beli dengan area 3G diutak-atik bisa dilaptop toko tsb dan di coba dilaptop saya juga bisa, tapi sebelumnya tidak bisa, setelah pulang di daerah kembali ga connect, di daerah saya ada sinyal EDGE, bantuin ya, terima kasih sebelumnya email saya skoer_abdul@yahoo.co.id

Anonymous said...

@skoer_abdul@yahoo.co.id itu masalahnya di settingan networknya pilih aja WCDMA Preferred atau GSM Only karena didaerah kemungkinan signal ga ada... buat temen2 yg mo unlock bisa akses situs http://www.kaskus.us/showthread.php?p=63547887 :D

Anonymous said...

mas irfan tolon di bantu saya dari papua, saya punya modem huawei e220. saya pernah download firmware dari indosat untuk update dari 3.6 mbps ke 7.2 mbps trus saya upgarde sesuai langkah2 & prosedurnya. saya memakai OS Vista , tp pada saat proses Upgrade tiba2 terhenti dan Laptop saya hang jadi saya biarkan selama 2 jam tp tidak ada perubahan dgn terpaksa sayamem-Booting laptop saya dan berhasil. kemudian saya menyalakan lagi laptop saya dan pada saat saya meng-Connect modem saya tidak ada indikasih mode saya ter-Connect lampu Connect-nya yg berwarna merah pun gal nyala.saya telah membawa modem saya Untuk di perbaiki dan muncul info bahwa Firmware modem saya hilang terhapus dan harus di install ulang namun karna minimnya Software jadi gak bisa.
yang ingin saya tanyakan apakah betul bisa Dinstal ulanga Firmware-ya padahal Modem saya tidak terdeksi sama sekali oleh cmputer,kalau ada caranya memperbaiki tolong di bantu. ataukah hardware-nya yang kena sehingga tidak terdeksi sama sekali.

mohon bantuanya & feedback-nya
Affan.

mas Irfan kalau bisa lewat email saja di
affan_mp@yahoo.co.id

Marcus H said...

Saya bisa unlock USB Modem kunjungi situs saya di:

http://www.unlockmodem.blogspot.com

Dijamin sukses!
Salam,
Mhermawan.

Anonymous said...

Klo yg belum bisa...

silahkan baca tutor di blog saya

http://namakuaji.wordpress.com/2009/01/27/unlock-modem-huawei-e220-indosat-35-g


to mas irfan, numpang share yupz ^^

Anonymous said...

mas ifan sy sudah membaca hampir semua komen yg ada, tapi ga ada satupun yang membahas tentang modem huawei e156g. bisa ga mas modem tsb di update sampe 7mb, tlg dong gimana caranya n kalu bisa ke email sy thx sebelumya

acha_mks79@yahoo.co.id

Anonymous said...

dear yang posting....
mau kasih sedikit ralat aja...
proses yang di jelasin diatas tuh bukannya proses unlocking modem tapi upgrading firmware modem nya kali yaa...
biasanya setelah dilakukan proses diatas modemnya tetep di lock oleh provider bersangkutan...

q : jadi apa yang berubah setelah proses diatas dilakukan?

a : yang berubah adalah firmwarenya, jadi versi terbaru sesuai yang di donlot tadi. begitu juga dengan mobile partnernya. selain itu biasanya speednya berubah jadi 7 ,2 mbps.

bisa kritik balik klo emang salah.

by : da_rebelion@yahoo.com

Anonymous said...

tolong... tolong... tolong....
siapa yang tahu kode Unlock Modem Huawei E169...
tolong dibagi ke saya juga....dong...

Anonymous said...

Tolong dunx kalo ada yg tahu caranya unlock modem e160 huwei prov. tsel??

thx

Anonymous said...

Hebat juga si mas irfan ngaku2 udah bisa unlock hanya dengan proses yang dia terangkan diatas. Cape deh ......

Anonymous said...

:)] Tenang saja teman nih ada postingan untuk unlock modem E220 Huawei... tapi ya itu... hati2.. resiko ditanggung penumpang...
bagusnya yg diunlock itu modem yg masih garansi... bisa diklaim (sstttt jangan bilang telkomnya ya..)...
http://www.unlockeE220.com

Anonymous said...

langsung aja ke
http://unlocke220.com
gue barusan dari situ.

Salam dari Mks.

chodirin said...

Itu sih upgrade firmware boss. mungkin juga upgrade dashboard. bukan unlcok.

Anonymous said...

Adakah seseorang dari kalian disini yang bisa nge-hack usb modem wimode..?

yaa paling ga supaya stabil dah...http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/35.gif

Anonymous said...

pake DC_UNLOCKER truz beli creditnya, 15 euro. .
udah ada yg berhasil, saya mau coba tapi ga ada uangnya, maklum pelajar. .

MODEM SAYA:
HUAWEI E169 TELKOMSELFLASH, PUNYA BAPAK SAYA. .

HEHEHE

kalo ada cara yg ga berbayar kontak saya di esema_enam@yahoo.co.id

Facebook: Qoumi Putra Djarum

Anonymous said...

misi gan... kalo mau unlock modem untuk seri huawei bisa kunjungi http://www.unlockmodem.net/id
harga hanya 50.000,- ZTE juga bisa gan

Anonymous said...

tanya juga donk mas....
kalo unlock usb modem huawei ec121, tu gmana ya...
please....

rommy said...

setau gw, klo mw unlock huawei e.220 upgrade firmware n dasboard nya bro klo ga salah.......
setelah upgrade ke dua duanya, uninstall sofware bawa an telkomsel or indosatnya.....
lo instal dah sofware yang udah di upgrade
saya pake mobile patrner dasboardnya.
ok ok...........
email ke rusnur.rommy@gmail.com klo mw lebih jelas....heeheheheh

Anonymous said...

buat kalian yg belum bisa unlock modem huawei E220 kalian download disini, uda 1 paket dan ini gratis ga kena biaya apapun!!!!
langkah2nya kalian cari di website laen ada yg memberi petunjuk langkah2nya. tambahan buat kalian "setelah code pinnya keliatan kalian masukin ke program unlock.exe jgn di klik OK dl!!!! cabut modemnya masukan kembali nanti setelah DASHBOARD modem muncul baru KLIK OK di program unlock .exe" good luck.... silakan coba.....
http://dl.dropbox.com/u/1006675/files/e220_Unlock_Pack.rar

vio ponsel said...

masuk sini ja buat unlock modem

http://indo-gsm.com/showthread.php?8399-Belajar-Unlock-Modem-Huawei&p=29397#post29397

Simple Blog said...

Defaultnya Huawei E220 TFlash itu cuman sofware lock artinya yang dilock itu cuman Dashboardnya firmwarenya sendiri sudah unlock jadi ga perlu lagi flashing firmware kecuali kalo emang mau upgrade firmwarenya baru flashing, cukup pake Dashboard lain (gampangnya pake Mobile Partner dari huawei) alias bukan Dashboardnya Tsel sudah bisa ganti2 SIM kok, ga usah flashing segala. Lain lagi Huawei E1550 TFlash itu baru firmware/hardware lock yang kaya gini yang perlu flashing untuk unlock. Liat di sini kalo ga percaya http://en.wikipedia.org/wiki/Huawei_E220 Tutorial lengkap ada di sini http://www.jf-import.com/manual-download/unlock-huawei-e220-hsdpa-usb-modem-telkomsel/prod_185.html

Anonymous said...

numpang nyundul...silakan unduh gan...
http://www.ziddu.com/download/11994705/UnLocker.rar.html
klo kurang SMS aja ke 08979078910
Supported Models:
HUAWEI
E156,E155,E1550,E1552,E156G,E160,E160G,E161,E166,E169,E169G,E170,E172,E176
E1762,E180,E182E,E196,E226,E270,E271,E272,E510,E612,E618,E620,E630,E630+
E660,E660A,E800,E870,E880,EG162,E880,EG162,EG162G,EG602,EG602G

VODAFONE
K2540,K3515,K3520,K3565,K3520,K3565

TQ

Anonymous said...

nanya ne gan, ane punya modem HUAWEI 156 tapi ko signalnya tiba2 hilang padahal hari2 sebelumnya tu modem biasa aku pake bwt browsing,

sekarang aku pake modem merk yg lain dan oke-oke aja tuch…

mohon pencerahannya tuk modem HUAWEI e156 agar bisa d pake lagi.
thnx gan

Anonymous said...

nanya ne gan, ane punya modem HUAWEI 156 tapi ko signalnya tiba2 hilang padahal hari2 sebelumnya tu modem biasa aku pake bwt browsing,

sekarang aku pake modem merk yg lain dan oke-oke aja tuch…

mohon pencerahannya tuk modem HUAWEI 156 agar bisa d pake lagi.
thnx gan

alexkrisna@yahoo.com

Anonymous said...

saya sudah bisa unlock modem saya dengan software unlocker yg saya beli di www.unlockerusbmodem.blogspot.com sampai saat ini modem ZTE MF626 saya bisa permanen unlock jadi bisa saya pakai gonta ganti sim card!!

salam,
Isabel

jimmy amalo said...

lihat di app nya masukan kartu yg udah mati alias non aktif., okuti aja tuk unlock, instal app nya dari link ini: http://downloads.ziddu.com/downloadfile/17922097/HuaweiUnlocker.exe.html

jika kurang jelas langkah nya my pin 2145F766
or add my fb

jimmy amalo said...

lupa , itu bisa hampir semua modem huawei , tonggal milih sesuai type modem nya setelah konek
plus gratissss

jimmy amalo said...

walah hahahhaha pin nulis salah d atas , bb pin 2146F766 , ini baru bener td 56 m salah ketik , add fb tinggal klik nama ku d atas tuh
smoga membantu

jimmy amalo said...

yang modem nya error klik aja d app tadi d atas , mau signal hilang gga bisa , lihat di menu service tinggal pilih sesuai yg d mau

Untuk memasang emoticon di bawah ini ke dalam Kotak Komentar, kamu cukup menuliskan kodenya saja.

:)] :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Related Posting :